Kamis, 16 Juni 2011

tangan keriput karena lama di air?


Jemari Anda berkeriput setelah berjam-jam berendam di kolam renang ? Jangan khawatir! Itu tandanya saraf Anda sehat.

Keriput di tangan terjadi karena seluruh saraf di telapak tangan hingga ujung-ujung jari bereaksi karena adanya stimulasi atau rangsangan. Jika berendam di air, saraf kita menerima rangsangan dari air.

Telapak tangan kita ini sebenarnya berlubang. Ada kira-kira 400-500 pori-pori yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat. Tak heran saat kita berendam di air, otomatis air juga dapat dengan mudah meresap ke dalam tubuh lewat pori-pori ini. Akibatnya, mempengaruhi cairan dalam tubuh dan mengubah nilai elektrolit dalam tubuh meski tak begitu besar pengaruhnya.

Masuknya air merupakan rangsangan bagi urat saraf. Urat saraf akan mengkerut dengan cepat, saat mengerut, saraf ikut menarik pembuluh darah di jari. Kulit disekitar pembuluh darah pun ikut tertarik. Maka timbulah keriput.

Semakin banyak keriput yang terjadi, berarti urat saraf anda semakin sehat. Sebab, semakin banyak urat saraf yang merespon rangsangan. Keriput di tangan ini malah membantu dokter dalam mendiagnosa kelainan atau kerusakan saraf pasien yang disebabkan oleh diabetes dan lepra. Caranya memang tidak dengan merendamnya di air, tetapi dengan anastesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar