Kamis, 16 Juni 2011

4 Cara Lelaki Hadapi Kesedihan

Setiap lelaki memiliki cara tersendiri dalam menghadapi kesedihan.Meski pun penampilan luarnya menunjukkan kesan tangguh, lelaki jugabisa dilanda rasa sedih, kecewa, sampai patah hati.
Hanya saja, dibandingkan perempuan, mereka lebih jago menyembunyikanperasaan. Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa dilakukan lelakidalam menghadapi kesedihan, yang mampu mengungkap banyak hal tentangkarakternya:
Bersedih diam-diamSejak kecil, lelaki umumnya diajarkan tidak boleh menangis. Akibatnya,mereka kerap menyembunyikan emosi, termasuk perasaan bahagia seperticinta, bahkan di hadapan kekasihnya. Sejumlah perasaan yang menurutmereka paling pantas untuk ditunjukkan, menurut William Juli, Ph.D.,penulis buku Understanding the Tin Man, adalah amarah dan gairahseksual.
Lelaki jenis ini membutuhkan dukungan dan kasih sayang Anda untukmencairkan kekakuannya. Sebab, jauh di dalam hati dia sebenarnyasensitif. Jika Anda melihat si dia mendadak lebih diam dari biasanya,coba tanyakan apa yang tidak beres di tempat kerja. Meski hal ituternyata bukan masalah sebenarnya, umpan yang Anda lempar sudah cukupuntuk memancingnya lebih terbuka membicarakan isu yang memberatkanhatinya.
Tapi, jangan berharap bisa membuatnya lebih terbuka membicarakanperasaan dalam semalam. Namun, semakin besar rasa percayanya terhadapAnda, akan semakin mudah baginya untuk mengungkapkan perasaan. Lelakijenis ini biasanya memiliki kebutuhan untuk membuat orang lainterkesan, sehingga berusaha menyembunyikan emosi yang dianggapnyasebagai kelemahan.
Sekeras bajaLelaki yang selalu tabah dan terkesan sekuat baja, selalu lebihmementingkan perasaan pasangannya. Dia ingin terlihat tangguh danjantan, sehingga hal terpenting baginya adalah melindungi dan membuatAnda merasa aman di sampingnya.
Karena lelaki jenis ini merasa sangat tidak nyaman menunjukkanemosinya, menurut Scott Kudia, Ph.D, penulis buku If This Is Love, WhyAm I Unhappy?, jangan harap Anda akan menjumpai drama. Dia akan selaluberusaha mengatasi setiap persoalan dengan tenang. Kekurangannya, diamungkin memiliki masalah memperlihatkan emosi terdalam, baik secarafisik mau pun verbal.
FrustrasiKetika sesuatu tidak berjalan sesuai harapannya, lelaki jenis ini akantenggelam dalam rasa frustrasi. Tapi, menurut psikolog George Weinberg,Ph.D, penulis buku Why Men Won't Commit, jangan salah mengartikan airmatanya dengan perasaan sensitif.
''Dia tidak pernah belajar mengekspresikan dirinya dengan cara lain.Jadi, dia menghadapinya dengan menangis, yang menjadi cara tubuh untukmembersihkan racun emosi.''
Cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan mengabaikan air matanya, namun berusaha memahami perasaannya.
TerbukaJika seorang lelaki tidak malu menitikkan air mata dalam menghadapisituasi yang sangat emosional, atau bahkan saat menonton filmmenyedihkan, maka Anda tahu bahwa dia patut dipertahankan. MenurutKudia, lelaki macam ini merupakan tipe yang sangat seimbang, dan merasanyaman menunjukkan emosi sebagai bagian dari sisi maskulinitasnya.
Spoiler for sumber:
http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2010/08/07/3684/12/Empat-Cara-Lelaki-Hadapi-Kesedihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar