Kamis, 16 Juni 2011

Jurus Maut Pas Wawancara Kerja !

Jangan sampai pekerjaan impian kabur gitu aja karena nggak lolos tes wawancara. Nah, biar tambah percaya diri dan oke ketika wawancara kerja , simak 15 langkah mudah berikut ini.
Quote:
1.Nama perusahaan besar sering mengundang keinginan untuk melamar. Tapiingat, kalau posisi yang ditawarkan nggak cocok sama keahlian kamu,please deh jangan nekat ngelamar. Melamar posisi yang tepat denganpengalaman dan keahlian yang mendukung pastinya menambah nilai plusbuat si pelamar.
Quote:
2.Kata-kata dress for success nggak sekedar kiasan lho! Berpakaian yangtepat sesuai dengan pekerjaan yang dilamar adalah hal yang wajibbanget! Misalnya ingin melamar jadi sekretaris pastinya harusmenggunakan pakaian yang rapih dan formal. Tapi ketika melamarpekerjaan yang banyak berkutat di lapangan, baju-baju yang lebih santaibisa jadi pilihan. Kalau bingung, tanya saja sama teman yang telahbekerja di posisi serupa.
Quote:
3.Datang ke tempat wawancara paling tidak 15 menit sebelum jadwal.Kelebihan waktu ini akan memberi waktu untuk bersiap-siap. Misalnya,merapihkan make-up, pakaian, ke kamar kecil dan lain-lain. Selain itudatang tepat waktu juga memberi kesan yang baik.
Quote:
4.Jabat tangan memberi kesan yang sangat penting. Jangan menjabat tangansetengah hati. Jabatlah dengan erat seperti ketika bertemu teman lamayang kamu tunggu-tunggu. Berikan kesan tegas namun bersahabat.
Quote:
5.Ketika wawancara berlangsung, kumpulkan rasa percaya diri. Tatap matasi pewawancara dengan ramah. Menghindari tatapan mata atau melihat kebawah mengesankan kurangnya percaya diri.
Quote:
6.Biarkan CV bicara. CV adalah jendela pertama perkenalan calon pegawaidan perusahaan. Buatlah CV menggambarkan diri kita sebaik mungkin.Tulis juga hobi dan minat yang menggambarkan diri kita. Tapi harusjujur ya!
Quote:
7.Nah,ketika si pewawancara sedang membaca CV kita, sebisa mungkin kitajangan berbicara. Mengajaknya berbicara akan membuat perhatiannyateralih dari CV kita yang oke.
Quote:
8.Jangan terlihat resah atau duduk terlalu bersandar. Sikap duduk sepertiitu akan membuat kita terlihat seperti orang gugup dan pemalas.
Quote:
9. Pelajari latar belakang perusahaan yang dilamar. Dengan begitu kita akan terlihat tanggap dan berwawasan luas.
Quote:
10.Bertanya bukanlah hal yang dilarang dalam wawancara. Pertanyaan jugaakan menggambarkan diri kita. Jadi, hati-hati dalam bertanya.Menanyakan berapa lama jam makan siang, bisa mengesankan kita orangyang pemalas dan senang bermain.
Quote:
11.Jika melamar di perusahaan yang membutuhkan ide-ide kreatif, janganragu untuk mengajukan sebuah usul atau saran. Tapi jangan terlalumendetail. Jelaskan secara singkat dan menarik sehingga mereka akanmelihat poin lebih pada kita.
Quote:
12.Seperti kata band Seriues, 'pewawancara juga manusia'. Bicaralah denganjujur dan terbuka. Jangan coba-coba berbohong atau menipu, kemungkinanmereka akan mengetahuinya.
Quote:
13.Lagi-lagi jangan malu bertanya. Jika si pewawancara memberikanpertanyaan yang tidak kita mengerti, tanyakan maksudnya. Lebih baikkita menjadi orang pintar yang tak takut bertanya daripada orang 'soktahu' yang merasa mengerti semua pertanyaan padahal jawabannya salah.Waduh!
Quote:
14.Jika ditanya alasan keluar dari perusahaan sebelumnya, jangan berbicarapanjang lebar tentang buruknya perusahaan tersebut (walaupun sebenarnyabegitu). Katakan saja, di perusahaan tersebut bakat dan ide-ide kitayang cemerlang kurang bisa dimanfaatkan dan karena itulah kita melamardi perusahaan ini.
Quote:
15. Dalam menjawab pertanyaan jangan ragu-ragu untuk berpromosi. Punya bakat dan kemampuan yang oke kok disembunyikan.
Tunjukkan kalau kita adalah aset perusahaan yang berharga. Rugi banget kalau nggak direkrut!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar