Jumat, 17 Juni 2011

Menangis itu sehat

Menangis selain bisa membuat kita merasa lebih lega, mungkin saja ia bisa membantu kita memberikan solusi ketika kita menghadapi berbagai masalah yang membuat kepala kita pusing Tetapi sering pula kita mengalami kesulitan mengungkapkannya, dan alih-alih yang muncul adalah air mata atau menangis.

Menurut Dr William Frey dari Minnesota, menangis dapat membuat seseorang merasa lebih baik karena air mata yang keluar berfungsi menghapus ketegangan syaraf pada tubuh, yang salah satu penyebabnya adakah stres, karena terbeban masalah.

Air mata itu sendiri sebenarnya terbagi dua :

1. Air mata iritasi, air mata yang keluar karena ada benda asing yang masuk ke mata.

2. Air mata emosional, air mata yang keluar karena dorongan emosi atau perasaan.

Jika stress dianalogikan seperti racun, maka jika tidak dikeluarkan dari tubuh akan menurunkan sistem kekebalan tubuh dan proses biologis lainnya. Proses pengeluaran racun dari dalam tubuh biasanya adalah ketika kita berkeringat dan menangis. Selain melegakan, menangis itupun sehat.

Alasan lain kenapa orang merasa lebih baik menangis saat emosional adalah karena air mata yang keluar mengandung lebih banyak protein termasuk hormon penyebab stress. Dengan aktivitas menangis ini, air mata yang keluar akan menstimulasikan produksi hormon endorphin, sehingga muncullah rasa lebih baik pada diri kita.

Menyadari fungsi airmata, tak heran para psikolog merekomendasikan 'menangis' sebagai langkah awal untuk memulai penyembuhan stress Anda. Jadi jika memang Anda merasa tidak sanggup menahannya, menangislah...itu akan melegakan Anda

ALASAN MENANGIS ITU BAIK

1. Menagis adalah ekspresi jiwa dan emosi dari manusia. Menangis memiliki pengaruh baik bagi kesehatan. Air mata yang kita keluarkan mengandung zat mangan dan hormon prolaktin yang cenderung meningkat sisaat seseorang sedang dalam kondisi tertekan, depresi, atau frustasi. Saat kedua zat tersebut kita keluarkan berupa air mata, maka kedua zat akan membawa depresi dan ketegangan yang tengah kita alami. Itu sebabnya, jangan larang diri anda atau seseorang jika merasa ingin menangis, ketika bersedih atau merasakan penderitaannya.

2. Ada 3 jenis Air Mata. Pertama, Air Mata Basal yaitu diproduksi untuk melubrikasi mata secara teratur. Kedua yaitu Air mata yang keluar karena dipicu oleh iritasi yang biasa terjadi pada saat kita mengiris bawang merah atau lainnya. Ketiga yaitu Air Mata yang diproduksi oleh mata karena pancingan emosi. Dari ketiga jenis ini, hanya Air Mata yang ketiga saja yang memiliki kandungan zat mangan dan hormon prolaktin sangat tinggi. Akan berbahaya bila air mata jenis yang ketiga tidak dikeluarkan pada waktunya.

3. Menangis Sehat. Maksudnya adalah menangis dengan segenap hati dan pikiran yang bertujuan untuk menumpahkan keluh kesah melalui air mata sehingga seseorang benar-benar merasa lega dan puas setelahnya. Menangis tetap sesuai pada kadarnya, jika seseorang terluka tidak terlalu dalam maka hanya akan menangis sebentar. Namun jika ia harus menguras habis air matanya, biarkan ia melakukan agar ia mendapat diri kembali stabil dan nyaman.

Menangis membutuhkan tenaga. Setelah menangis, orang akan merasa lelah, capek dan ingin segera istirahat. Di sini lah pengaruh relaksasi yang sebenarnya. Menangis mengeluarkan zat yang memang harus dibersihkan dan membuat orang beristirahat untuk kembali tenang dengan masalahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar