Jumat, 17 Juni 2011

Cara kerja website , hosting dan domain


• Website Statis
• Website Dinamis
• Website Interaktif
Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.
Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.
Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.


Nah…trus bijimane kog bisa website ntu diliat ma orang2…
Langsung cekibrot gan
Nah…penempatan website di internet ntu g bsa lepas dari yang namanya hosting ma domain gan…

Apa ntu domain

Spoiler for Domain gan:
domain merupakan nama unik/alamat untuk website kita gan, domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Jadi apabila seseorang ingin melihat file-file HTML kita maka mereka cukup menulis alamat domain kita. Misal www.jagoanhosting.com pada browser.maka secara otomatis website www.jagoanhosting.com akan muncul.
Apa ntu HTML
HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web. Didalam file HTML terdapat beberapa kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor.
Biaya pemilikan domain biasanya dilakuakn pertaun gan…nah jika ente udah memiliki suatu domain,maka domain tsb ga bsa dimiliki oleh orang lain gan, kcuali klo ente uda g bsa byar ntu tarif.


Bijimane cara pilih domain

Spoiler for pilih Domain:
Klo saran ane sih…pilih nama yang sesingkat mungkin,untuk meminimalisir kesalahan ketik saat ngetik domain kita gan.
Trus pilih yang gampang diingat
Oh iya…jangan jga pake domain yang gabungin antara kata ma angka gan,kayak bahasanya anak2 4L4y, ntar susah ngingetnya..


Apa ntu hosting

Spoiler for Hosting:
Oke, sekarang apabila seseorang mengklik domain ente kemudian bijimane caranya agar dokumen HTML yang ada pada komputer ente bisa ditampilin? Dokumen-dokumen HTML pada komputer ente kudu disimpen ditempat lain, jangan di komputer ente. La trus caranya bijimane? Ente kudu menyewa tempat diperusahaan Hosting untuk menyimpan dokumen ente. Jadi hosting merupakan tempat untuk menyimpan dokumen HTML ente gan. Biasanya perusahaan yang menjual hosting juga menjual domain jadi ente membeli domain sekaligus menyewa hosting untuk menyimpan file HTML ente gan. Pembayaran hosting biasanya bulanan gan


Nah…trus criteria hosting yang bagus tu bijimane??

Spoiler for Kriteria:
Ada beberapa hal yang perlu ente perhatiin
Spoiler for yg pertamax:
yang PERTAMAX kapasitas
perhatiin berapa kapasitas yang ente butuhin , apa 25MB, 50MB atau 1GB. ente kudu milih dg cermat sesuai kebutuhan karena tentu saja semakin besar kapasitas biayanya semakin mahal.

Spoiler for yg keduax:
Yang KEDUAX teknologi yang dipake
Servernya pake linux pa windows, trus jika ente membuat web pake file php dan yang lain apa hostingnya ngedukung .

Spoiler for yg ketigax:
Yang KETIGAX Support
Periksa apakah perusahaan hosting yang ingin ente beli punya layanan support yang baik selama 24jam, jadi apabila tengah malam tiba-tiba ente mendapat masalah dengan website ente maka ente dapat nanyain langsung kepada perusahaan hosting ente

Spoiler for yg keempat:
Yang KEEMPAT Database
pastiin ente memeriksa apakah ntu hosting nyediain database. Periksa juga berapa jumlah database yang disediain dan apa saja apakah MySQL, Access dll

Spoiler for yg kelimax:
yang KELIMAX Backup
apa ntu hosting membackup data ente setiap hari.ni penting gan..buat jaga-jaga klo tiba-tiba data ente hilang.

Spoiler for yg keenam:
Yang KEENAM Bandwith
Ente kudu periksa kapasitas bandwith yang disediain. Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan. Kira-kira begini maksudnya. Apabila sebuah perusahaan hosting menyediakan bandwith 1GB sebulan. Maka apabila ente punya sebuah file HTML dengan ukuran 20kb (sudah termasuk image) dan pengunjung website ente perhari sekitar 100 orang, maka ente ngabisin bandwith perhari: 20kb x 100orang = 2000kb =2MB. Perbulan: 2MB x 31 = 62MB, apabila ente punya 10 halaman maka: 62MB x 10 = 620MB. Jadi perhatiin bandwith yang disediain dengan ukuran file HTML ente, apabila pengunjung website ente semakin banyak tentu saja bandwithnya juga akan semakin besar.

Spoiler for yg ketujuh:
Yang ketujuh Kelengkapan Alamat
provider webhosting yang bagus biasanya juga menunjukkan kelengkapan alamatnya. Walaupun klien tidak harus datang ke tempat, tapi setidak-tidaknya akan membuat klien merasa aman dengan alamat tersebut, sehingga mereka tidak perlu takut provider tersebut hanya fiktif atau takut ditinggal kabur sewaktu-waktu.

Spoiler for kedelapan:
Yang kedelapan Adanya Garansi
Kalau yang ini tidak mutlak harus ada. Tapi beberapa webhosting terbaik biasanya memberikan garansi sebelum klien benar-benar menggunakannya, seperti yang dilakukan jagoanhosting.com yang memberikan jaminan garansi selama 30 hari.( Garansi uang kembali jika dalam 30 hari ente tidak puas dengan pelayanannya )

Spoiler for yg kesembilan:
Yang kesembilan adanya cpanel dan fantastico
Cpanel adalah control panel hosting ente yang digunakan untuk administrasi website ente, seperti membuat email, menambah subdomain, backup, upload file, dsb
Fantastico adalah tool tambahan dari Cpanel yang digunakan untuk otomatisasi penginstallan puluhan script-script siap pakai. ente hanya perlu klik script apa yang ingin ente install, selanjutnya fantastico yang melakukan semuanya untuk ente..kita mah tinggal nungguin sambil nyemil aja gan.

Spoiler for yg terakhir:
Nah yang terakhir..masalah harganya gan
Setelah ente ngeliat fitur yang ada, klo ente gak meduliin masalah harga itu nggak jadi persoalan. Lain halnya klo ente yang sangat mertimbangin masalah ini, solusi terbaik selain melihat fitur yang diberikan adalah dengan membandingkan harga antara satu provider hosting dengan provider yang lain gan…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar